Brightness-Kecerahan Layar Yang Otomatis Berubah Dan Cukup Mengganggu

langsung aja nih, bagi kalian yang mengalami ketika sedang browsing atau mengetik, kemudian tiba-tiba layar monitor komputer atau laptop kalian berubah tingkat kecerahan layarnya (brightness) dengan sendirinya. kadang bikin kita jengkel sendiri, karena hal ini cukup mengganggu pandangan kita ke layar.

sebenarnya ini adalah salah satu fitur bawaan dari Windows (bagi kalian pengguna Windows), fitur ini sebenarnya tujuannya baik, yaitu menghemat daya dan menjaga mata kita agar tidak cepat lelah. fitur ini bekerja dengan cara menganalisa warna apa saja yang ditampilkan di layar kita, kemudian disesuaikan dengan tingkat kecerahan layar kita, semuanya dikalkulasi secara otomatis. namun sayangnya fitur ini kebanyakan tidak akurat, karena tidak memperhitungkan kondisi cahaya di sekitar kita, hal ini juga dikarenakan kebanyakan layar komputer atau laptop kita tidak memiliki sensor yang mengukur kecerahan cahaya sekitar.

lalu bagaimana cara mematikan fitur ini agar layar kita tetap berada pada tingkat kecerahan yang kita tentukan (konstan)?

  1. cara pertama, dari fitur Windows. buka setting -> system -> power & sleep -> cari tulisan : additional power settings. pada power plan yang sedang terpilih, klik change plan settings kemudian klik change advanced power settings. buka menu display -> enable adaptive brightness, ganti dengan off/matikan.

    Windows Settings

    Windows Settings

  2. cara kedua, apabila komputer atau laptop anda menggunakan Intel Graphics Card (Kartu Grafis Intel). pada sistem tray windows atau klik kana pada desktop, pilih Intel Graphics Settings. pilih menu power, kemudian matikan mode hemat daya.

    Intel Graphics Settings

    Intel Graphics Settings

kalau cara nomor 1 saja masih tidak bisa, coba pakai cara 1+2.
selamat mencoba.. 🙂


Update Fitur Terbaru Pokemon GO : Tambahkan Teman, Memberi Hadiah, Tukar Pokemon

setelah sekian tahun lamanya..
fitur yang diinginkan oleh semua pemain Pokemon GO akan segera dirilis dalam waktu dekat..
ada 3 fitur utama yang akan dirilis secara bersamaan :
1.kamu akan dapat menambahkan teman dalam permainan.
2.kamu akan dapat memberikan hadiah kepada temanmu.
3.kamu akan dapat bertukar Pokemon dengan temanmu.

fitur baru : tambahkan teman, beri hadiah, tukar pokemon

fitur baru : tambahkan teman, beri hadiah, tukar pokemon

untuk dapat menambahkan teman, nantinya setiap pemain akan diberikan kode unik yang dapat digunakan untuk menambahkan teman dengan cara memasukkan kode unik tersebut pada lawan main.. setelah menambahkan teman, kalian juga dapat bermain bersama baik itu melakukan raid atau battle gym, semakin sering kalian bermain bersama, maka semakin tinggi tingkat level keakraban kalian dalam game.. nantinya level ini akan mempengaruhi berbagai bonus dalam battle maupun pertukaran Pokemon..

tingkatkan level keakraban dengan temanmu

tingkatkan level keakraban dengan temanmu

kemudian tiap kali kalian melakukan spin atau mengambil item pada Pokestop maupun gym, akan ada hadiah yang muncul secara acak.. hadiah ini tidak dapat kalian gunakan sendiri, melainkan harus diberikan kepada teman.. setelah dibuka oleh teman kalian, hadiah ini akan berisi item yang berguna untuk battle..

berikan hadiah ke temanmu

berikan hadiah ke temanmu

nah terakhir adalah fitur yang paling seru.. bertukar Pokemon..
kalian dapat bertukar dengan teman kalian yang memiliki level minimal 10.. kemudian pertukaran ini akan membutuhkan Stardust sebagai biaya pertukarannya, jumlahnya akan bervariasi tergantung level Pokemon dan jenis Pokemon yang ditukarkan.. selain itu, untuk jenis Pokemon langka dan Legendary akan dibatasi hanya dapat menukarkan 1 Pokemon per-hari..
dan karena level Pokemon bergantung pada level pemain, maka ketika Pokemon ditransfer, level Pokemon akan di-random disesuaikan dengan level pemain penerima.
jangan lupa, simpan Stardust kalian mulai sekarang..

tukar pokemon dengan teman

tukar pokemon dengan teman

tukar pokemon dengan teman

tukar pokemon dengan teman

tukar pokemon dengan teman

tukar pokemon dengan teman

nah terakhir pesan saya :
jangan main pakai cheat atau cara curang yaa… karena secara tidak kita sadari akan merusak keseruan permainan (terapkan dalam permainan apapun, tidak hanya Pokemon GO!).. dengan main pakai cara curang, lama kelamaan kita akan mudah bosan dan akhirnya malas bermain lagi karena kita merasa permainan ini terlalu mudah untuk dimainkan..
ingat, semua rule/peraturan yang dibuat, sudah ada tujuannya agar permainan menjadi seru..
see you in the game..!! 🙂


Review Lampu Sorot LED Owl 4D/6D Cutoff Lens

Lampu Sorot Owl LED 4D/6D Cutoff Lens

Lampu Sorot Owl LED 4D/6D Cutoff Lens

sebenernya udah lama pengen masang lampu sorot ini, pas waktu musim hujan 2017 kemaren, cuma sayang toko tempat saya beli (online) bikin illfeel.. udah dikonfirmasi sebelom beli, waktu dikirim barangnya beda, dikomplain malah nyolot.. waktu itu saya beli dengan harga Rp 140.000.

akhirnya niat untuk masang kandas, padahal waktu itu kalo lagi hujan, lampu saya kerasa kurang terang karena warnanya cenderung putih, meskipun warna aslinya warm-white 4300K.. (headlamp : RTD M02H 20+20watt)

bulan kemarin, ga sengaja lihat harga lampu sorot ini kok udah murah ya, tinggal Rp 80.000.. timbul-lah lagi niat untuk beli.. setelah beli dan dipasang (kali ini penjualnya mantab), kok rasanya…… coba lihat deh foto hasil test saya dibawah..

kondisi dengan penerangan lampu jalan (PJU) kuning

kondisi dengan penerangan lampu jalan (PJU) kuning

kondisi tanpa ada penerangan lampu jalan (PJU)

kondisi tanpa ada penerangan lampu jalan (PJU)

kondisi jarak dekat dengan tembok

kondisi jarak dekat dengan tembok

terlihat kalo dipake di jalan sangat tidak ada bedanya, seperti ga pake lampu tambahan, padahal warnanya kuning beda sama headlamp.. lalu kalo dilihat dari voltase aki saya waktu lampu ini dinyalakan juga tidak ada pengurangan yang berarti, biasanya kalo headlamp nyala 20+20watt (lampu dim) plus injak rem (lampu rem LED 20watt) dan sein nyala, voltase akan mulai drop perlahan.. ini saya test lampu headlamp nyala 20watt (lampu kota) plus injak rem (lampu rem LED 20watt) dan sein nyala, voltase tidak drop sama sekali.. dari sini saya bisa simpulkan kalo lampu sorot ini watt-nya ga sesuai dengan yang dicantumkan (20watt)..

saya akui kalo jarak dekat, seperti dengan tembok gitu akan sangat membantu atau nampak, tapi kalo dibuat di jalan kota rasanya sangat kurang.. tapi yang pasti saya belom mencoba di kondisi cuaca hujan atau berkabut, karena kemungkinan warnanya yang kuning baru terasa akan sangat membantu di kondisi cuaca seperti itu..

ada yang punya pengalaman juga dengan lampu model ini..? 🙂