Category Archives: Motorbike

Review Lampu Sorot LED Owl 4D/6D Cutoff Lens

Lampu Sorot Owl LED 4D/6D Cutoff Lens

Lampu Sorot Owl LED 4D/6D Cutoff Lens

sebenernya udah lama pengen masang lampu sorot ini, pas waktu musim hujan 2017 kemaren, cuma sayang toko tempat saya beli (online) bikin illfeel.. udah dikonfirmasi sebelom beli, waktu dikirim barangnya beda, dikomplain malah nyolot.. waktu itu saya beli dengan harga Rp 140.000.

akhirnya niat untuk masang kandas, padahal waktu itu kalo lagi hujan, lampu saya kerasa kurang terang karena warnanya cenderung putih, meskipun warna aslinya warm-white 4300K.. (headlamp : RTD M02H 20+20watt)

bulan kemarin, ga sengaja lihat harga lampu sorot ini kok udah murah ya, tinggal Rp 80.000.. timbul-lah lagi niat untuk beli.. setelah beli dan dipasang (kali ini penjualnya mantab), kok rasanya…… coba lihat deh foto hasil test saya dibawah..

kondisi dengan penerangan lampu jalan (PJU) kuning

kondisi dengan penerangan lampu jalan (PJU) kuning

kondisi tanpa ada penerangan lampu jalan (PJU)

kondisi tanpa ada penerangan lampu jalan (PJU)

kondisi jarak dekat dengan tembok

kondisi jarak dekat dengan tembok

terlihat kalo dipake di jalan sangat tidak ada bedanya, seperti ga pake lampu tambahan, padahal warnanya kuning beda sama headlamp.. lalu kalo dilihat dari voltase aki saya waktu lampu ini dinyalakan juga tidak ada pengurangan yang berarti, biasanya kalo headlamp nyala 20+20watt (lampu dim) plus injak rem (lampu rem LED 20watt) dan sein nyala, voltase akan mulai drop perlahan.. ini saya test lampu headlamp nyala 20watt (lampu kota) plus injak rem (lampu rem LED 20watt) dan sein nyala, voltase tidak drop sama sekali.. dari sini saya bisa simpulkan kalo lampu sorot ini watt-nya ga sesuai dengan yang dicantumkan (20watt)..

saya akui kalo jarak dekat, seperti dengan tembok gitu akan sangat membantu atau nampak, tapi kalo dibuat di jalan kota rasanya sangat kurang.. tapi yang pasti saya belom mencoba di kondisi cuaca hujan atau berkabut, karena kemungkinan warnanya yang kuning baru terasa akan sangat membantu di kondisi cuaca seperti itu..

ada yang punya pengalaman juga dengan lampu model ini..? 🙂


BBM, Busi, dan Getaran Mesin

jadi gini nih ceritanya..

saya punya Mio Sporty tahun 2011. entah kenapa dari pertama dapet sampe sekarang kalo posisi mesin menyala, dan kondisi gas langsam (idle), guncangan mesin terasa banget. ilustrasinya, sampai tulisan di speedometer ga bisa dibaca karena bergetar.

awal pertama dapet memang BBM yang dipakai Premium. sempat terpikir untuk coba ganti ke Pertamax Turbo, tapi orang” bilang itu cuma pemborosan karena kompresi mesin Mio Sporty kecil. saya pikir ah apa salahnya dicoba, siapa tahu guncangan mesin bisa hilang.

akhirnya nyoba ganti Pertamax Turbo juga. daannn.. memang benar, guncangan mesin berkurang, tapi TIDAK hilang jadi mulus. TAPI tidak hanya itu, suara mesin juga jadi lebih halus, dan konsumsi BBM jadi lebih irit, meskipun kalo di konversi ke perhitungan rupiah dibanding Premium tidak terlalu signifikan. tapi saya pikir tidak apalah, yang penting mesin jadi lebih anteng dan bersih pastinya.

yang namanya iseng, kemarin saya tiba” terlintas pikiran kenapa kok ngga coba ganti busi ke yang lebih tinggi teknologinya? karena saya ingat kalau mobil diesel itu pasti pergetar hebat dan suara mesin keras karena pengapian yang tidak terkontrol (hanya pake kompresi) dibandingkan mesin bensin (pakai ignition busi).

akhirnya saya coba ganti busi yang dipakai sekarang ini, busi standar NGK yang harganya paling cuma 15 ribuan.

saya beli busi baru merk Denso yang sudah berteknologi Iridium, harganya hampir 100 ribuan. katanya sih Iridium percikan apinya lebih rapi dan bertenaga, jadi pembakaran lebih sempurna (hanya lebih lho ya, secara motor lama dan kompresi kecil).

setelah saya ganti businya daannn hasilnyaaa.. sungguh, getaran mesin berkurang lagi!! malah berkurangnya LEBIH banyak dibanding pada waktu cuma ganti BBM.

tapi menurut saya tetap ada konsekuensinya, karena power yang dibutuhkan lebih tinggi, maka perlu diperhatikan aki motor anda. pada saat penggunaan busi biasa, di gas pol voltase pada aki bisa menyentuh 15,2v. sedangkan pada saat memakai busi iridium ini, maksimal berkisar di 14v. jadi pengisian aki sedikit akan lebih berkurang (sistem kelistrikan saya masih half-wave).

semoga bermanfaat..